Harga Satria Fu 150 Cc
Baru,Harga Satria Fu 150 Terbaru,Review Satria F150 Fi,Review Satria Fu
150,Spesifikasi New Satria F150,Spesifikasi Satria F 150cc,Spesifikasi Satria
Fu 150,Spesifikasi Satria Fu 150 Black Fire 2,Spesifikasi Satria Fu
150cc,Spesifikasi Satria Fu 150r
Suzuki satria fu adalah
motor roda dua keluaran produsen suzuki yang berasal dari jepang. Motor ini
berkonsep motor ayago alias motor ayam jago. Tetapi ada juga yang menyebutnya
motor banci karena dibilang motor cewek tidak motor laki juga tidak. Hal ini
terjadi karena desain motor ini merupakan motor underbone atau motor bebek
dengan tangki bahan bakar minyak berada di bawah jok tetapi menggunakan mesin
tegak layaknya motor sport atau biasa yang disebut motor laki dan dilengkapi
dengan kopling manual. Untuk spesifikasinya lebih unggul dari motor bebek dan
setara dengan motor-motor sport dengan kubikasi mesin yang sama. Berikut adalah
spesifikasi lengkap yang dikeluarkan oleh pihak suzuki untuk motor motor satria
fu.
DIMENSI
|
|
Panjang keseluruhan
|
1945 mm
|
Lebar keseluruhan
|
652 mm
|
Tinggi keseluruhan
|
941 mm
|
Jarak Antara As Roda
|
1.280 mm
|
Jarak Mesin ke Tanah
|
95 mm
|
MESIN
|
SPESIFIKASI
|
Tipe Mesin
|
Air – Oil Cooled,
DOHC 4-Valve, 4-Stroke
|
Bore × stroke
|
62.0 × 48.8 mm
|
Volume silinder
|
147.3 cc
|
Jumlah Silinder
|
Satu/Tegak
|
Rasio kompresi
|
10.2 : 1
|
Karburator
|
MIKUNI BS 26 – 187
|
Sistem starter
|
Elektrik dan kaki
|
Daya maksimum
|
16 hp @ 9,500
RPM
|
Torsi maksimum
|
12.76 N·m @ 8,500 RPM
|
Sistem pelumasan
|
SACS (Suzuki Advanced
Cooling System)
|
Kopling
|
Manual plat majemuk
tipe basah
|
Transmisi
|
6 Percepatan
|
Arah Perpindahan Gigi
|
1 Ke bawah, 5 Ke atas
|
Kapasitas tangki
|
4.9 L
|
Konsumsi bahan bakar
|
35–40 km/L
|
SASIS DAN SUSPENSI
|
|
Sasis
|
Twin-Spar Underbone
|
Suspensi Depan
|
Telescopic Coil
Spring, Oil-damped Fork x 2
|
Suspensi Belakang
|
Mono Shock, Coil
Spring, Oil-damped w/preload adjustment
|
Rem – Depan
|
Disc brake 2 piston
caliper
|
Rem – Belakang
|
Disc brake 1 piston
caliper
|
Ban Depan
|
70/90-17 38S
|
Ban Belakang
|
80/90-17 44S
|
Dari spesifikasi diatas sudah jelas kalau ini adalah
motor bebek dengan spesifikasi yang tinggi karena memiliki spek yang setara
dengan motor sport. Ukuran silinder mesin kurang lebih 150cc dan ini tidak
dimiliki motor bebek pada umumnya di berbagai produsen karena rata-rata mesin
berkubikasi 150cc adalah golongan motor sport atau motor laki.
Pada
awalnya motor ini masuk ke Indonesia pada tahun 2004 dengan sistem motor
didatangkan dari thailand sudah dalam bentuk motor dan tidak perlu dirakit
kembali di Indonesia. Motor yang didatangkan langsung dari thailand ini disebut
Satria versi CBU dan pada versi ini motor satria belum dilengkapi elektrik
starter, jadi tidak heran jika motor satria versi CBU adalah yang paling
terkencang diantara versi satria fu lainnya. Hingga pada tahun 2007 motor
satria fu ini didatangkan ke Indonesia tidak dalam bentuk jadi melainkan dalam
bentuk part per part dan sebelum dijual di pasaran motor satria fu ini dirakit
dahulu. Satria fu yang dirakit ini biasa disebut satria fu versi CKD. Pada
versi inilah motor satria ini sudah dilengkapi sistem elektrik starter untuk
mempermudah dalam menghidupkan mesin motor.
Pertama
kali menggunakan motor satria rasanya capek dan pegal semua badan karena motor
ini termasuk kategori motor bebek sport yang memiliki desain membungkuk, dan
juga jarak antara jok dan stang lumayan jauh begitu juga stang yang lebih
rendah yang membuat badan terasa capek. Tetapi kalau sudah terbiasa ya tidak
terlalu capek. Untuk kesetabilan motor ini aku akui sangat stabil dalam
kecepatan rata-rata begitu juga saat jalanan berkelok-kelok seperti jalanan
gunung, akan tetapi jika dipacu dalam kecepatan tinggi motor ini tidak stabil
karena berat motor yang ringan untuk motor mesin 150cc dengan top speed kurang
lebih 135km/jam yang ditunjukan oleh speedo digitalnya.
Tarik
motor ini juga sangat responsif saat gas diputar dengan mendadak, hal ini harus
diimbangi permainan kopling yang sesuai, jika tidak diimbangi atau kopling
dilepaskan mendadak bisa-bisa ban depan akan terangkat dan ini sangat berbahaya
jika dilakukan. Dibandingkan dengan motor ninja 150cc, motor satria ini kalah
dalam segi tarikan dan kecepatan karena ninja 150 masih menggunakan mesin
sistem 2 langkah sedangkan satria fu menggunakan mesin sistem 4 langkah.
Untuk
segi desain motor ini cukup baik dari beberapa generasi. Hingga banyak anak
muda menyukai motor satria ini karena desainnya tetapi ada juga yang menyukai
karena performa dari motor ini. Desain yang banyak digemari adalah generasi
pertama atau satria CBU dengan headlamp kecil, karena headlamp ini kecil banyak
yang menyebutkan Satria fu belalang karena desain body yang samping dan
didukung headlamp yang kecil.
Secara
motor ini sangat cocok untuk anak muda yang menyukai motor bebek tetapi
menginginkan performa motor yang kencang. Dibalik performa yang kencang itu
memiliki kelemahan yaitu menggunakan motor satria mudah capek dan pegal karena
alasan diatas. Dalam hal ini jelas kurang digemari oleh golongan orang tua,
karena orang tua akan lebih memilih kendaraan dengan nyaman tidak mudah capek
dan pegal.
Ditulis oleh Febrian
Deny Prayoga dengan penyesuaian dari redaksi
0 komentar: