Si Jagoan Satria Fu 150

Harga Satria Fu 150 Cc Baru,Harga Satria Fu 150 Terbaru,Review Satria F150 Fi,Review Satria Fu 150,Spesifikasi New Satria F150,Spesifikasi Satria F 150cc,Spesifikasi Satria Fu 150,Spesifikasi Satria Fu 150 Black Fire 2,Spesifikasi Satria Fu 150cc,Spesifikasi Satria Fu 150r  

Suzuki satria fu adalah motor roda dua keluaran produsen suzuki yang berasal dari jepang. Motor ini berkonsep motor ayago alias motor ayam jago. Tetapi ada juga yang menyebutnya motor banci karena dibilang motor cewek tidak motor laki juga tidak. Hal ini terjadi karena desain motor ini merupakan motor underbone atau motor bebek dengan tangki bahan bakar minyak berada di bawah jok tetapi menggunakan mesin tegak layaknya motor sport atau biasa yang disebut motor laki dan dilengkapi dengan kopling manual. Untuk spesifikasinya lebih unggul dari motor bebek dan setara dengan motor-motor sport dengan kubikasi mesin yang sama. Berikut adalah spesifikasi lengkap yang dikeluarkan oleh pihak suzuki untuk motor motor satria fu.

DIMENSI
Panjang keseluruhan
1945 mm
Lebar keseluruhan
652 mm
Tinggi keseluruhan
941 mm
Jarak Antara As Roda
1.280 mm
Jarak Mesin ke Tanah
95 mm
MESIN
SPESIFIKASI
Tipe Mesin
Air – Oil Cooled, DOHC 4-Valve, 4-Stroke
Bore × stroke
62.0 × 48.8 mm
Volume silinder
147.3 cc
Jumlah Silinder
Satu/Tegak
Rasio kompresi
10.2 : 1
Karburator
MIKUNI BS 26 – 187
Sistem starter
Elektrik dan kaki
Daya maksimum
16 hp @ 9,500 RPM
Torsi maksimum
12.76 N·m @ 8,500 RPM
Sistem pelumasan
SACS (Suzuki Advanced Cooling System)
Kopling
Manual plat majemuk tipe basah
Transmisi
6 Percepatan
Arah Perpindahan Gigi
1 Ke bawah, 5 Ke atas
Kapasitas tangki
4.9 L
Konsumsi bahan bakar
35–40 km/L
SASIS DAN SUSPENSI
Sasis
Twin-Spar Underbone
Suspensi Depan
Telescopic Coil Spring, Oil-damped Fork x 2
Suspensi Belakang
Mono Shock, Coil Spring, Oil-damped w/preload adjustment
Rem – Depan
Disc brake 2 piston caliper
Rem – Belakang
Disc brake 1 piston caliper
Ban Depan
70/90-17 38S
Ban Belakang
80/90-17 44S
            
Dari spesifikasi diatas sudah jelas kalau ini adalah motor bebek dengan spesifikasi yang tinggi karena memiliki spek yang setara dengan motor sport. Ukuran silinder mesin kurang lebih 150cc dan ini tidak dimiliki motor bebek pada umumnya di berbagai produsen karena rata-rata mesin berkubikasi 150cc adalah golongan motor sport atau motor laki.

Pada awalnya motor ini masuk ke Indonesia pada tahun 2004 dengan sistem motor didatangkan dari thailand sudah dalam bentuk motor dan tidak perlu dirakit kembali di Indonesia. Motor yang didatangkan langsung dari thailand ini disebut Satria versi CBU dan pada versi ini motor satria belum dilengkapi elektrik starter, jadi tidak heran jika motor satria versi CBU adalah yang paling terkencang diantara versi satria fu lainnya. Hingga pada tahun 2007 motor satria fu ini didatangkan ke Indonesia tidak dalam bentuk jadi melainkan dalam bentuk part per part dan sebelum dijual di pasaran motor satria fu ini dirakit dahulu. Satria fu yang dirakit ini biasa disebut satria fu versi CKD. Pada versi inilah motor satria ini sudah dilengkapi sistem elektrik starter untuk mempermudah dalam menghidupkan mesin motor.

Pertama kali menggunakan motor satria rasanya capek dan pegal semua badan karena motor ini termasuk kategori motor bebek sport yang memiliki desain membungkuk, dan juga jarak antara jok dan stang lumayan jauh begitu juga stang yang lebih rendah yang membuat badan terasa capek. Tetapi kalau sudah terbiasa ya tidak terlalu capek. Untuk kesetabilan motor ini aku akui sangat stabil dalam kecepatan rata-rata begitu juga saat jalanan berkelok-kelok seperti jalanan gunung, akan tetapi jika dipacu dalam kecepatan tinggi motor ini tidak stabil karena berat motor yang ringan untuk motor mesin 150cc dengan top speed kurang lebih 135km/jam yang ditunjukan oleh speedo digitalnya.

Tarik motor ini juga sangat responsif saat gas diputar dengan mendadak, hal ini harus diimbangi permainan kopling yang sesuai, jika tidak diimbangi atau kopling dilepaskan mendadak bisa-bisa ban depan akan terangkat dan ini sangat berbahaya jika dilakukan. Dibandingkan dengan motor ninja 150cc, motor satria ini kalah dalam segi tarikan dan kecepatan karena ninja 150 masih menggunakan mesin sistem 2 langkah sedangkan satria fu menggunakan mesin sistem 4 langkah.

Untuk segi desain motor ini cukup baik dari beberapa generasi. Hingga banyak anak muda menyukai motor satria ini karena desainnya tetapi ada juga yang menyukai karena performa dari motor ini. Desain yang banyak digemari adalah generasi pertama atau satria CBU dengan headlamp kecil, karena headlamp ini kecil banyak yang menyebutkan Satria fu belalang karena desain body yang samping dan didukung headlamp yang kecil.

Secara motor ini sangat cocok untuk anak muda yang menyukai motor bebek tetapi menginginkan performa motor yang kencang. Dibalik performa yang kencang itu memiliki kelemahan yaitu menggunakan motor satria mudah capek dan pegal karena alasan diatas. Dalam hal ini jelas kurang digemari oleh golongan orang tua, karena orang tua akan lebih memilih kendaraan dengan nyaman tidak mudah capek dan pegal.


Ditulis oleh Febrian Deny Prayoga dengan penyesuaian dari redaksi



SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 komentar: